Show-Share-Lead, Oleh-Oleh Dari Diamond Conference 2014 Capetown

3 Kata yang jadi judul tulisan ini saya dapat dari sesi coaching Pak Magnus Branstorm di Diamond Conference 2014 di Capetown. Tulisan ini merupakan bagian dari eTraining oleh-oleh dari Capetown. Supaya tulisan ini tidak berkerak di Facebook group makanya kujadikan posting blog, hehehehe. Sewaktu menulis cerita ini saya belum resign dari kantor. Seru aja, belum pernah ada sejarah di kantor training diundang vendor ke Capetown :D.

Berikut ini tulisannya yang kutulis di puncak Table Mountain.


show share lead

Ketika Maki upload foto jalan-jalan kami di Cape Town barangkali disekitar teman-teman masih ada (atau banyak?) yg sinis dengan reward trip yg kami dapat dari Oriflame. Barangkali mereka bilang "lihat noh, loe yg kerja keras jualan, presentasi kesana kemari, tapi malah uplinemu yang jalan-jalan. Emang enak kerja buat bayari upline bulan madu sama suaminya. Lihat hasil loe kerja, dihambur-hamburkan Oriflame buat reward yg atas-atas saja. Bisnis vampir!"

Adakah teman-teman mendengar suara sumbang spt itu?

Di perusahaan tempat saya bekerja setiap tahun ada acara dealer gathering. Acara full reward dan jalan-jalan, meng-entertain partner perusahaan, dalam hal ini adalah dealer. Dealer itu level pertama dari distribusi produk perusahaan, bagian akhir atau yang paling ujung disebut reseller, yg jualan ke customer langsung. Dealer-dealer dapat entertain dan reward jalan-jalan + belanja-belenji ke eropa dan tempat-tempat eksotis lain diluar negeri. Bagaimana dengan reseller? Di kantor pusat sih belum pernah dengar ada program reseller gatering, tapi di kantor regional ada. Levelnya tentu gak seperti dealer gathering. Kalau dealer gathering ke eropa, reseller gathering ya lokal saja, Ancol :D. Padahal seseller yang ngadepin pelanggan, yang jualan langsung ke pelanggan, yang yang kena komplain duluan kalau pulsa gak masuk-masuk -namanya juga ujung tombak-, dealer yg jalan-jalan. Sama gak ya analoginya? Hehehehe

Apa semua orang punya kesempatan jadi dealer? Ya bisa! Tapi ada syaratnya, salah satunya deposit sekian milyar! Gede bo modalnya (untungnya juga gede soalnya). Barangkali banyak orang bisa jualan, membangun jaringan distribusi. Tapi tidak banyak yg punya uang tunai, dana segar milyaran buat deposit. Makanya jumlah dealer aktif tidak banyak. Kan bisa pinjam di bank? Bisa, tapi bank mau memberi pinjaman buat bisnis yang sudah established, kalau masih baru mulai ya bank juga ragu mau ngasih pinjaman dalam jumlah ratusan juta, apalagi milyar?

Bagaimana dengan berbisnis mlm bersama oriflame? Deposit? Gak ada deposit, cukup biaya pendaftaran member senilai 49900 rupiah untuk starter kit. Setiap orang punya kesempatan yg sama untuk tumbuh, berkembang dan akhirnya mendapat reward dan menikmati entertertaint dari oriflame. Ada gold conference, diamond conference dan executive conference. Pesertanya bertambah tiap tahun. Artinya banyak yg bisa ikutan sukses tanpa harus deposit milyaran! Tinggal kemauan dan konsistensi.

Kalau tidak salah ingat ada yg sinis sampai ramai di milist dan nulis seperti ini: "mlm itu bukan bisnis, loe kerja keras jualan dan bangun jaringan, tapi yg kaya ya tetep aja yg punya perusahaan". Lha sama aja nih dengan saya saat ini, kerja lembur sampe pagi buat ngurusi servis ke user/customer, beberapa teman pernah sampai sakit tipes. Tapi ya gaji beda tipis dengan yg gak perlu kerja lembur. Beda uang lembur doang, hehehe. Yg menikmati revenue siapa? Yg kaya ya pemilik perusahaan! Bedanya kalo mlm-an bersama Oriflame dan dBCN bisa mengusahakan kenaikan penghasilan dan kesejahteraan keluarga seiring kerja keras, bahkan bisa tiap bulan naik bonusnya (wow!). Nah klo karyawan seperti saya ya naik gaji tidak semata-mata karena kerja keras. Kerja keras saja belum cukup. Masih ada restu dan tanda tangan pihak lain yang bisa jadi lebih menentukan :). Eh ini bukan curhat ya, tapi realitas, hehehe. Kalau dulu gak jadi karyawan ceritanya bisa jadi juga tidak seperti ini :D

Kemaren kata Pak Magnus CEO Oriflame, bisnis oriflame itu sederhana, dirangkum jadi 3 kata SHOW - SHARE - LEAD. Mulai dari pakai produknya, pelajari success plan dan how-to nya (sistem), informasikan produk serta peluang bisnis Oriflame, dan ajari downline/core team untuk bisa maju dan sukses bersama.

Sederhana? Lha itu banyak yang tumbang juga di mlm? Sederhana, tapi tidak mudah. Perlu endurance karena prosesnya berulang dan berkembang juga akan ketemu hambatan. Berkembang seiring dengan pengembangan diri, berkembang seiring dengan ilmu yg didapat dari training, sharing session, prospecting dan conference spt saat ini. Dulu show - share - lead hanya ke 1 orang, 3 orang, 5 orang, 10 orang, 100 orang, berbicara keribuan orang seperti kala OOM di Bandung 2013 lalu. 3 kata tadi ternyata membawa banyak rentetan ilmu yang tidak terduga sebelumnya. Yang tumbang tadi bisa jadi karena informasi yang dia dapat kurang sehingga ia tidak tahu harus bagaimana, bisa juga karena diri sendiri yang tidak sabar mengikuti prosesnya.

Btw, selain 3 kata diatas, boleh dong kalau ditambahkan proud dan believe.

Maki dan Miss Holy Grenfell. Miss Holy merupakan anggota skin care panel expert dari Oriflame, sudah berpengalaman 30 tahun didunia kosmetik.

Maki dan Miss Holy Grenfell. Miss Holy merupakan anggota skin care panel expert dari Oriflame, sudah berpengalaman 30 tahun didunia kosmetik.

Proud, bangga memasarkan produk yang memang bagus. Eh eh ... Gak cinta kosmetik dalam negeri neh? Begini begini ... di masterclass kemaren didatangkan peneliti dari product development Oriflame. Ada anggota tim Oriflame, perempuan, yang sudah usia 60an tahun tapi masih terlihat segar - bugar, ya selain gaya hidup sehat beliau juga rutin menggunakan skin care andalan Oriflame yang mengurangi 38% kerutan dan memperlambat penuaan dini akibat lingkungan yang penuh polutan. Nahhh, dibawa dan ditunjukin didepan mata bo, bukan polesan kamera untuk iklan! Bangga berada di lingkungan yang tepat untuk pengembangan dan aktualisasi diri dan terlebih lagi bangga karena bisa mengangkat kesejahteraan keluarga. Believe, percaya bahwa di berbisnis bersama Oriflame adalah pilihan yang tepat. Percaya bahwa yang dulu hanya mimpi di Oriflame mimpi tersebut bisa direalisasikan. Mimpi diri sendiri dan juga mimpi orang tersayang. Percaya bahwa bonus yang awalnya puluhan ribu bisa menjadi puluhan juta nantinya :), aminnnn.

So ... (Proud) Show - Share - Lead (Believe)!

Table Mountain, 22 Januari 2014

saatnya treking turun ke Plateklip Gorge lagi

 

 
 

Share artikel ini